SF

Sri Fatmawati, dosen Jurusan Kimia FMIPA ITS kembali memperoleh penghargaan tingkat dunia. Setelah sebelumnya meraih penghargaan di International Fellowship L”Oreal for Women in Science 2013 di Prancis dan Early Chemist Award 2015 di Honolulu, AS, saat ini ia kembali meraih penghargaan The 2016 Elsevier Foundation Award for Early Career Women Scientist in the Developing World. Penghargaan tersebut diserahkan pada 13 Februari 2016 lalu dalam acara The Gender & Minorities Networking Breakfast at The American Association for the Advancement of Sciences (AAAS) Annual Meeting di Washington DC, AS. Penghargaan tersebut merupakan pengakuan terhadap hasil penelitiannya yang dianggap berpotensi bgi dunia kesehatan dan ekonomi.

Selain Sri Fatmawati, terdapat empat peneliti lain yang mendapatkan penghargaan serupa, yakni Sushila Maharjan dari Nepal, Magaly Blas dari Peru, Etheldrera Nakimuliā€Mpungu dari Uganda, dan Ghanya Naji Mohammed Al-Naqeb dari Yaman.

Para penerima penghargaan tersebut dipilih setelah melalui seleksi ketat dalam sebuah panel ilmuwan terkemuka di dunia. Para pemenang diharapkan mampu menjadi inspirasi bagi peneliti-peneliti perempuan lain untuk terus berkarya dan berprestasi. Diharapkan melalui penghargaan yang diterimanya, pemenang dapat memperkuat karir penelitian dengan memberikan visabilitas dan kesempatan jarringan kerja baru.

Sumber: republika